Selamat Datang di Portal Resmi Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo



Tuesday 18 February 2020

INFO APLIKASI FEEDER EMIS (AFE) SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Info ini ditujukan bagi Madrasah baik Negeri maupun Swasta di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, untuk mempersiapkan dan melaksanakan Pendataan EMIS pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Aplikasi Feeder Emis (AFE). Untuk mengaksesnya dengan menggunakan akun emis madrasah.

TAHAPAN-TAHAPAN (URUTAN) :  

1. Unduh File rar Aplikasi FEEDER EMIS MADRASAH

Setelah berhasil unduh, extrat file rar dan instal. Login menggunakan akun Emis Madrasah (bila lupa akun emis / password hubungi Pendma)

AFE Versi 1.0 (Update 28022020) => Perbaikan atas penarikan data lampau yang Damage, bisa diganti emis.exe nya saja jika di AFE sudah melakukan updating data

2. Menu "Data Lampau" lakukan : Import -> Excute (Siswa, PTK, dan Sarpras)

Ambil Data Lampau yakni import data dari server emis pusat ke aplikasi emis feeder yang sudah terinstal. "Sinkronisasi Data awal" ini diperlukan untuk mengambil data pada pendataan periode sebelumnya atau update data yang sudah tersimpan di server Pusat. 

Hal ini dilakukukan karena pada saat pertamakali, yang baru ditarik otomatis (sinkronisasi) adalah Data Profil lembaga, sedangkan komponen data lainnya, misalnya Siswa, Guru, Tendik dan Sarpras masih kosong (0).

3. Pendataan / Update Data

Pendataan pada aplikasi Feeder Emis Madrasah adalah proses melengkapi, memperbaiki dan update Kenaikan Kelas, yang harus dilakukan secara berurutan, pengerjaan bisa dilakukan secara offline (tidak perlu koneksi jaringan internet) yang dimulai dari menu

  1. Lembaga :

    Pilih menu Lembaga, Jika ada perubahan silakan Update Data Kelembagaan
    (Data Umum, Lokasi, Jarak, Perizinan, KKM, Penyelenggara, BOS)

  2. Peserta Didik :

    Pilih menu Peserta Didik, silakan update/edit dengan memilih :
    a. Siswa Aktif, jika ada perubahan/update data silakan pilih action pada siswa yang dipilih.
    b. Ringkasan Siswa, berisikan data siswa sesuai Rombel/Kelas
    c. Mutasi Keluar atau Mutasi Masuk, eksekusi untuk update data mutasi pada komputer lokal setelah ada transaksi mutasi dari aplikasi online/feeder monitoring (online)

  3. GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) :

    Pilih menu GTK, jika ada perubahan/update data silakan pilih action pada PTK yang dipilih.

  4. Sarana dan Prasarana.

    Pilih menu Sarana Prasarana, Silakan Update Data Sarpras dengan memilih sub menu Tanah, Ruangan, Listrik, Sanitasi, Internet, dan Pendukung.

NB :  
Penambahan Data yang diperkenankan adalah data yang tidak ada dalam referensi, yaitu Siswa Baru Kelas 1 MI, dan Siswa Umum (TK/SD/SMP/SMA/K). Sedangkan untuk Proses Mutasi Siswa/Guru, penambahan dan Hapus Data lainnya, harus dilakukan secara online melalui tautan http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor menggunakan akun emis madrasah seperti tahap 1 di atas. Fitur pada laman ini akan terbuka/aktif, setelah melakukan Sync AFE terlebih dahulu, pada tahap 4 di bawah.
Sedangkan untuk mekanisme Mutasi Siswa Madrasah (Mutasi Keluar antar madrasah), dengan cara :
  • Masukkan NSM Madrasah Tujuan, pilih Cek Data (Pastikan Nama Madrasah Tujuan sudah sesuai)
  • Selanjutnya ketik/masukkan nama Siswa dengan memilih nama Siswa yang akan dimutasikan 
  • Setelah itu menunggu persetujuan Madrasah Tujuan untuk menerima Siswa yang dimutasikan

4. Sinkronisasi

Proses ini membutuhkan koneksi internet, yakni sinkronisasi/export data dari Aplikasi Emis Feeder ke server Emis Pusat. Lakukan (setelah semua data sudah terinput ke dalam aplikasi secara lengkap dan benar) dengan cara Pilih menu Sinkronisasi, Sync Data Lembaga, Sync Data Siswa, Sync Data GTK, dan Sync Data Sarpras. (tahap ini dapat dilakukan lebih dari satu kali)

Jika ada Laporan (pop up) Data Gagal, lengkapi datanya dan pastikan komputer sudah online/terkoneksi dengan jaringan internet.

5. Unduh, Cetak, dan Upload BAP

Proses terakhir adalah BAP (Berita Acara Pendataan), setelah semua Tahapan di atas dikerjakan secara lengkap (sudah dilakukan update dan valid), maka BAP bisa diperoleh melalui Laman Monitoring Feeder : http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor dengan cara :

  1. Pilih Menu Konfirmasi Data (proses ini akan menghentikan/menutup proses pendataan/update data semester ini).

  2. Pilih Menu Cetak BAP, unduh/cetak BAP, bubuhkan tanda tangan Kepala Madrasah dan stempel Madrasah, kemudian scan file BAP (beri nama file pada lokasi penyimpanan yang mudah diingat).

  3. Pilih Menu Upload BAP, upload/unggah sebagai lampiran (pastikan file yang diunggah sudah benar), simpan.

Selesai

Semoga info ini bermanfaat,, dan selamat mengerjakan..

Sumber : http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=aplikasi